Blog From Author

Glenn Cunningham yg memiliki tekad baja

Glenn kecil berusia delapan tahun ketika ia mengalami kecelakaan. Ia dan kakaknya Floyd sedang menyalakan tungku pemanas sekolah ketika tiba-tiba tungku tersebut meledak dan menewaskan Floyd. Glenn sedang berada di pintu sehingga ia selamat, tapi ketika menyadari bahwa Floyd masih di dalam, Glenn berlari masuk untuk menyelamatkannya, tapi gagal, bahkan kedua kakinya terbakar hebat. Kedua kakinya menjadi lumpuh dan tidak bisa merasakan apapun. Dokter menyarankan agar kedua kakinya diamputasi, tapi sambil menangis Glenn memohon agar kakinya tidak dipotong.

Orang tuanya tidak tega dan menuruti keinginannya sehingga kakinya selamat dari amputasi. Dalam hatinya, Glenn yakin suatu saat ia akan dapat berjalan lagi. Kedua kaki Glenn bengkok dan semua jari kaki kirinya hilang. Setelah perban dibuka, kedua orang tuanya bergiliran mengurut kakinya setiap hari meskipun hampir tak ada perubahan. Tapi beberapa bulan kemudian Glenn mencoba berdiri dan berjalan dengan dibantu oleh ayahnya. Kakinya tetap diurut setiap hari dan kemudian Glenn yang tadinya kata dokter 'tidak mungkin dapat berjalan lagi' kini bisa berjalan.

Glenn masih merasa kakinya lemah sehingga ia ingin menguatkan kakinya. Ia mulai berlari pada setiap kesempatan. Ia berlari ke sekolah, ia berlari ketika mengikuti paduan suara, ia berlari ke toko daging, ia berlari di lapangan, ia berlari mencari kayu bakar dan berlari pulang dengan kedua tangan penuh kayu. Ia tidak pernah berjalan apabila ia bisa berlari. 

Ketika Glenn berusia 12 tahun, Glenn dapat berlari lebih cepat dari anak-anak usia sebayanya, walaupun kakinya masih penuh dengan bekas-bekas luka. Di SMA, Glenn memulai menjadi pelari jarak menengah (1 mil). Di mana dalam lomba terakhirnya di sekolah SMA, Glenn dapat mencetak rekor nasional, dengan berlari sejauh 1 mil dalam waktu 4 menit 24.7 detik.

Dialah Glenn Cunningham yg memiliki tekad baja yang tak tertandingi dan Sekolah di University of Kansas di tahun 1930. Pada pertandingan di Lincoln, Nebraska, Glenn mencetak rekor baru untuk setengah mil (1 menit 53.3 detik) dan 1 mil (4 menit 14.3 detik). Beberapa minggu kemudian, Glenn mengikuti pertandingan di Chicago, dan kembali ia memecahkan rekor NCAA untuk jarak 1 mill dengan waktu 4 menit 11.1 detik.

Pada tahun 1933, Glenn lulus dari University of Kansas dengan nilai akademik tertinggi di kelasnya. Di tahun itu, ia memenangkan pertandingan AAU 800 meter dalam waktu 1 menit 51.8 detik; AAU 1500 meter dengan catatan waktu 3 menit 52.3 detik; dan memenangkan NCAA 1 mill sekali lagi dengan waktu 4 menit 9.8 detik. pada tahun yang sama, Glenn mendapatkan penghargaan ‘Sullivan Memorial Award’ sebagai atlet amatir luar biasa di Amerika.

Glenn terus mengikuti perlombaan-perlombaan lari tingkat internasional termasuk olympiade. Dia juga meraih gelar doktor dalam pendidikan jasmani, dan menjadi direktur untuk pendidikan jasmani di Universitas Cornel dari tahun 1940-1944, sebelum menjalani pelatihan di Angkatan Laut US selama 2 tahun. #tekad